Selasa, 10 Januari 2012

Profil Program Studi Jurusan Bimbingan dan Konseling

A.      Sejarah Jurusan Bimbingan dan Konseling
      Sejarah,  jurusan Bimbingan dan Konseling disingkat BK, Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP PGRI Bali, berdiri sejak tahun 1983. Pada saat itu memiliki dua Jurusan yaitu Bimbingan dan Penyuluhan (BP) dan Pendidikan Luar Sekolah (PLS). Seiring dengan perkembangan di bidang psikologi kemudian tahun 1987 jurusan Bimbingan dan Penyuluhan berganti nama menjadi jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan. Mulai tahun 1997 jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan  berganti nama lagi sesuai dengan bidang bimbingan dan istilah konseling memiliki makna unik, maka istilah penyuluhan ditinggalkan dan diganti dengan konseling. Dengan demikian sejak tahun 1997 sampai sekarang menjadi program studi Bimbingan dan Konseling tidak mengalami perubahan lagi.

B.     Visi, Misi Fakultas Ilmu Pendidikan
·      Visi       : Ungggul dalam mengkaji dan mengembangkan ilmu pendidikan yang berlandaskan budaya dan teknologi informasi.
·      Misi :
1.   Mendidik calon tenaga-tenaga pendidik yang memiliki wawasan budaya dan budi pekerti.
2.   Menyiapkan tenaga ahli pengembang, pengelola dan pelaksana pendidikan yang andal baik dalam lingkungan sekolah maupun luar sekolah.      
3.   Terlaksananya pendidikan yang terarah kepada pengembangan kemampuan profesional kependidikan.              
4.    Melaksanakan penelitian dan pengembangan dalam bidang ilmu pendidikan.
5.    Melaksanakan pengabdian pada masyarakat sebagai wujud pengenalan profesi pendidik dilingkungan masyarakat sehari-hari.


C.              C .  Visi,  Misi, dan Tujuan Program Studi Bimbingan dan Konseling
·         Visi Program Studi BK FIP IKIP PGRI Bali adalah : Unggul dalam mengkaji dan mengembangkan pendidikan profesi guru bimbingan dan konseling yang berlandaskan budaya dan teknologi informasi.
·      Misi Program Studi BK :
1)      Mendidik calon tenaga guru bimbingan dan konseling yang memiliki wawasan budaya dan budi pekerti.
2)   Menyiapkan tenaga ahli guru bimbingan dan konseling dalam satuan jenjang  pendidikan dasar dan menengah.
3)    Menyelenggarakan layanan bimbingan dan konseling yang memandirikan yang berorientasi pada pengalaman dan praktik lapangan.
4)    Menyelenggarakan pembelajaran dan mengembangkan sikap responsif untuk menghasilkan guru pembimbing yang unggul dan memiliki daya saing yang tinggi di bidang bimbingan dan konseling.
5)  Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan untuk menghasilkan karya akademik yang sesuai dengan kubutuhan masyarakat.
6)   Menyelenggarakan pelayanan bimbingan dan konseling untuk menjalin kerjasama dengan berbagai organisasi profesi dalam kegiatan  pemberdayaan masyarakat.

·      Tujuan Program Studi Bimbingan dan Konseling adalah :
1) Menghasikan lulusan yang mampu menyelenggarakan bimbingan dan konseling yang memandirikan.
2)  Menghasilkan guru bimbingan dan konseling yang memiliki kompetensi dalam bidang : pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional.
3)  Memiliki kepekaan terhadap nilai dan permasalahan sosial yang dituangkan dalam hasil penelitian.
4)   Memberikan kesempatan untuk mempraktikkan keterampilan-keterampilan bimbingan dan konseling dalam konteks praksis.


D.           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar